Minggu, 05 Januari 2014

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

I. Perbedaan Organisasi dan Arsitektur Komputer
  • Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem computer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
  • Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengelamatan, mekanisme I/O.
II. Fungsi Komputer
   1. Pengolahan Data
Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan processing device yang berupa perhitungan, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di memori.
2. Penyimpanan Data
Sangat penting bahwa komputer harus dapat menyimpan data. Walaupun komputer hanya memproses data untuk keperluan dalam waktu yang pendek, maka komputer harus dapat menyimpan secara sementara sedikitnya potongan data yang sedang dikerjakan oleh komputer pada suatu saat. Jadi, terdapat fungsi penyimpan data dalam selang waktu yang pendek. File-file data disimpan di dalam komputer untuk dapat dicari dan diperbaharui.
3. Pemindahan Data
Komputer harus dapat memindahkan data antara dirinya dengan dunia luar. Lingkungan pengoperasi komputer terdiri dari perangkat yang melayani sumber data atau tempat tujuan data. Ketika data diterima dari atau dikirimkan ke sebuah perangkat yang terhubung langsung dengan komputer, maka proses itu dikenal sebagai input-output, dan perangkat tersebut dikenal sebagai peripheral. Pada saat data dipindahkan ke jarak yang cukup jauh, atau dari remote device, proses tersebut dikenal sebagai komunikasi data.
4. Kendali
Harus terdapat kontrol bagi ketiga fungsi di atas. kontrol ini dilath oleh individual yang menyediakan komputer dengan instruksi-instruksi. Di dalam sistem komputer, sebuah unit kendali mengatur sumber daya komputer dan mengendalikan untuk kerja bagian-bagian fungsional dalam memberikan respons terhadap instruksi-instruksi tersebut.
III. Tiga Komponen Komputer
 1. Hardware (Perangkat Keras)
Yaitu peralatan fisik komputer yang dapat dilihat dan diraba oleh indera kita. Dibagi menjadi beberapa bagian :
  • Perangkat Input
Perangkat input berfungsi untuk memasukkan data dan program ke dalam computer. Contoh perangkat input :
  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Scanner
  • Perangkat Output
Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data. Contoh perangkat output :
  1. Monitor
  2. Printer
  3. Speaker
  • Perangkat Penyimpan Data
Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh perangkat penyimpan data :
  1. Disket
  2. Harddisk
  3. Compact disc
  4. Flash disc
  • Perangkat Pembaca dan Penulis Data
Perangkat ini berfungsi untuk membaca dan menulis data ke dalam perangkat penyimpan data. Contoh perangkat pembaca dan penulis data :
  1. Floppy Disk Drive
  2. CD ROM
  3. CD RW
  4. DVD ROM
  • Perangkat Proses
Perangkat ini berfungsi untuk proses computer secara keseluruhan. Contoh perangkat proses:
  1. Control Processing Unit (CPU)
  2. Main Memory
2. Software (Perangkat Lunak)
Software merupakan program-program yang berfungsi mengatur kerja hardware. Dibagi menjadi beberapa bagian :
  • Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi berfungsi untuk mengatur kerja computer secara mendasar.
Contoh :
  1. Ms. DOS
  2. Ms. Windows
  3. Linux
  • Program Paket (Package Program)
Program paket menyediakan program siap pakai yang dibuat oleh pabrik.
Contoh paket program :
  1. Microsoft Pffice
  2. Adobe photoshop
  3. Corel Draw
  • Bahasa Pemrograman (Language)
Bahasa pemrograman dipakai untuk membuat program-program aplikasi yang dapat berfungsi sebagai penghubung kerja antara komputer dan peralatannya sesuai dengan kebutuhan pembuatnya.
Contoh bahasa pemrograman :
  1. Basic
  2. Pascal
  3. Visual basic
  4. Foxpro
  • Program Bantu (Utility)
Program bantu dapat digunakan untuk membantu kerja sistem operasi dan pengguna komputer yang menginginkan program pembantu. Contoh program bantu :
  1. Antivirus
  2. Winzip
  3. Partition Magic
3. Brainware (Sumber Daya Manusia)
Brainware merupakan manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Brainware dibagi menjadi beberapa bagian :
  • Operator
Operator adalah orang yang mengoperasikan computer
  • Programmer
Programmer adalah orang yang membuat program untuk digunakan/dijalankan di dalam computer
  • Analis
Analis adalah orang yang bertugas menyusun analis dan desain sebuah sistem pembuatan program.



ebelajar.stiki.ac.id/course/category.php?id=34
suzuki.unsada.ac.id/?page_id=166‎ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar